Cara Pasang Kode Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin

Cara Pasang Kode Google Analytics di Wordpress

Tutorial Kali ini Tuana5.com coba berikan Tips Trik Cara Pasang Kode Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin secara manual dan mandiri. Sebenarnya sudah banyak beredar tutorial di internet yang membahas tentang instalasi kode google analytics ini yakni dengan memakai berbagai macam Plugin khususnya kamu yang memiliki situs blog website berplatform wordpress.

Kenapa Harus Pasang Google Analytics di Website

Jika ada pertanyaan tentang kenapa harus pasang google analytics di website? tentu jawabannya karena kita akan menjemput tujuan dari google analytics tersebut yakni tentang menganalisis dan menganalisa lebih dalam tentang blog website yang sedang di kelola.

Dengan menganalisis maka kita akan tahu pula perkembangan website kita sejauh mana seperti misalnya visitor yang sedang mencari artikel kita, berapa banyak kunjungan yang sedang online menikmati berbagai bacaan seperti tutorial dari tuana5.com ini misalnya, dan masih banyak lagi seperti mengetahui cara untuk mengoptimalkan seo wordpress kita.

Baca :  Tips Cara Membuat Link Terkait di Tengah Postingan Wordpress

Install Google Analytics Tracking ID For WordPress

Seperti yang telah aku utarakan di awal paragraf tadi yakni Cara Install Google Analytics Tracking ID For WordPress ini ada yang melalui plugin dan ada pula yang dengan cara manual tanpa plugin. sebenarnya tergantung keinginan dari kamu sang pemilik blog situs tersebut. biasanya ada yang ingin secara manual karena tidak ingin memberatkan loading halaman website jika memakai plugin dan seperti pada blog tutorial tuana5.com ini yang berusaha untuk manual terlebih pada pemasangan kode google analytics website ini.

Untuk memasang kode google analytics secara manual khusus wordpress ini sebenarnya juga memiliki kekurangan, yakni disaat kita mengganti template, themes wordpress lainnya maka harus melakukan input ulang kode google analytics tersebut.

Kenapa bisa begitu? karena script kode google analytics ini di input atau di pasang di bagian header tema itu sendiri. dan ketika tema itu di ganti, maka header pun juga akan berganti. berbeda ketika memakai Plugin wordpress yang tanpa repot – repot memasukkan lagi kode analytics tersebut walau gonta ganti template. lantas bagaimana caranya jika ingin memasang kode GA Analytics tersebut secara manual?

Baca :  2 Cara Mudah Redirect HTTP ke HTTPS Wordpress

6 Cara Pasang Kode Google Analytics di WordPress

Setelah kamu menentukan Pilihan dan membulatkan tekad untuk memasang kode google analytics ini secara manual dan mandiri tanpa plugin maka harus mempersiapkan beberapa yang wajib diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Pasang Kode Google Analytics di WordPress
Cara Pasang Kode Google Analytics di WordPress – Gambar. Pixabay

#1 Login Akun Admin WordPress

Pertama yang perlu dipersiapkan adalah Akses menuju akun wordpress kamu. tentu sebagai admin kamu tidak akan mempermasalahkan hal ini dan dengan begitu mari ke langkah selanjutnya.

#2 Alamat Email Aktif Google Mail atau GMail

Langkah berikutnya adalah kamu harus memiliki akun email aktif dari google mail atau yang seringkali dikenal dengan sebutan Gmail. Jika belum memiliki, maka silahkan untuk membuat akun terlebih dahulu. ingat, google analytics ini merupakan produk dari google, jadi semua yang berhubungan dengan google dan layanannya hanya dapat digunakan melalui Google Mail BUKAN alamat email lainnya.

#3 Buat Akun Google Analytics

Setelah kamu berhasil membuat akun Gmail dan juga berhasil login, maka langkah berikutnya adalah membuat akun GA Analytics. caranya adalah silahkan kunjungi alamat berikut ini: http://analytics.google.com/

#4 Input Data Ke Google Analytics

Setelah login ke alamat Google analytics tersebut silahkan kamu isi data dan informasi sebenar-benarnya dengan tepat. usahakan jangan terburu-buru agar semua data tersebut di input dengan benar. data tersebut seperti gambar berikut ini.

#5 Get Tracking ID dan Dapatkan Kode Google Analytics

Setelah semua data telah di input dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol GET TRACKING ID. dan setelah kamu menekan tombol tersebut, kamu akan melihat Kode dari Google Analytics tersebut dimana Kode tersebutlah yang nantinya akan kamu pindahkan ke Header Tema WordPress kamu.

Baca :  [Panduan] Cara Membuat Blog Wordpress Bagi Pemula Lengkap

#6 Salin Kode Pelacakan Google Analytics ke Header WordPress

Setelah kamu menyalin kode pelacakan di Google analytics tadi maka saatnya kamu menyalinkannya ke Header Website WordPress milik kamu. caranya adalah ke klik dan buka file header.php di menu Appearance > Theme Editor > Header.php

Silahkan kamu dapat memindahkan Kode Pelacakan Google Analytics ke bagian <head> atau tepat setelah tag <body> , kalau situs Tuana5.com sendiri menggunakannya setelah tag <body> . setelah itu tekan Update File. dan pastikan telah sukses diperbaharui. dan Selesai Deh.

Bagaimana mudah bukan cara memasang kode google analytics khusus wordpress ini? terus gimana jika pada blogspot? caranya sama yakni “Memindahkan Kode Pelacakan Tersebut pas setelah tag Body”. Jika semuanya mengikuti instruksi dan tutorial tersebut biasanya akan berhasil 100%. Sekian tutorial kali ini. semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *