Cara Mengatasi Internal Server Error 500 Pada Web WordPress

Cara Mengatasi Internal Server Error 500 wordpress

Ikuti Tutorial 3 Cara Mengatasi Internal Server Error 500 Pada Web WordPress dengan mudah sebagai solusi memperbaiki web server yang rusak. Jika anda menjadi seorang blogger atau webmaster entah untuk tujuan pribadi atau ditempat perusahaan tempat anda bekerja, namun ketika mengakses alamat situs blog website anda malah terjadi masalah Internal Server Error. sehingga menyebabkan halaman web blog anda tidak dapat diakses seperti kondisi normal.

Anda sedang berada ditempat yang tepat. karena di tutorial kali ini tuana5.com akan memberikan cara tentang “bagaimana anda dapat secara mandiri mengatasi problema internal server error pada blog wordpress anda”.

Apa itu Internal Server Error WordPress

Jika ada pertanyaan tentang Apa itu Internal Server 500 WordPress? maka jawabannya adalah tidak ada yang tepat mengenai problem error ini. karena error yang terjadi tidak secara eksplisit dijelaskan, dan hanya menampilkan bahwasanya halaman yang di akses mengalami error.

Seorang blogger dan webmaster jangan panik atau langsung frustasi jika mengalami hal kendala seperti internal server 500 tersebut. ada beberapa langkah tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut dan telah dibuktikan banyak orang yang telah mengelola web blognya terutama blog wordpress.

Baca :  Cara Menggunakan Aplikasi Zoom (APK Cloud Meetings) di HP dan Laptop Gratis

Penyebab Internal Server Error 500 WordPress

Hal mendasar yang terjadi pada masalah internal server error 500 pada wordpress yakni karena disebabkan oleh banyak faktor. seperti file htaccess yang rusak.

Selain htaccess biasanya error tersebut disebabkan oleh kinerja Plugin dari wordpress, kebanyakan kasus memang terjadi disaat seseorang memasang Plugin baru pada blog wordpressnya. dan plugin tersebut ternyata tidak bagus sehingga membebankan server kemudian menjadikannya error.

Selain itu, internal server error juga kemungkinan disebabkan oleh file inti dari wordpress itu sendiri yang meliputi wp-include dan wp-admin. lantas bagaimana cara mudah tips dan triknya untuk menangani masalah internal server error 500 pada wordpress ini? silahkan lanjutkan membaca.

Langkah Mudah Memperbaiki Internal Server Error

Di banyak kasus yang terjadi hingga saat ini, permasalahan yang terjadi memang berbeda-beda. anda dapat mencoba langkah berikut ini untuk mengatasi masalah internal server error tersebut. diantaranya adalah:

#1 Periksa File .htaccess melalui cPanel

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk mencoba mengatasi masalah tersebut adalah memeriksa file .htaccess anda melalui cPanel yang terletak pada direktori website anda. jika anda tidak menemukan file htaccess tersebut, anda dapat membuka hidden file terlebih dahulu pada cpanel tersebut. kemudian silahkan anda coba rename file tersebut misal dengan: htaccess_rusak

Rename htaccess
Rename htaccess

Jika anda telah mencoba melakukan rename, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi website anda. nah, apakah masih terjadi internal server error? jika telah normal, berarti anda telah selesai mengatasi masalah tersebut. namun jangan gembira dulu. anda harus melakukan langkah ini agar file htaccess anda diperbaharui oleh sistem wordpress. caranya adalah: Login akun wordpress > settings > permalink > tekan save.

Baca :  [Panduan] Cara Membuat Blog Wordpress Bagi Pemula Lengkap

Namun jika masalah masih berlanjut, alias tetap errot maka masalahnya bukan terletak pada .htaccess tadi. melainkan terletak pada Plugin wordpress.

#2 Menonaktiftkan Semua Plugin WordPress

saatnya untuk mencoba mengatasi masalah yang kemungkinan disebabkan oleh plugin wordpress yaitu dengan menonaktifkan seluruh plugin wordpress tersebut. bagaimana caranya?

Nonaktifkan Plugin WordPress
Nonaktifkan Semua Plugin WordPress

Cara dan langkahnya tetap sama dengan merename file htaccess tadi. yaitu silahkan menuju Login cPanel anda > Direktori web blog anda > wp-content – plugin. di bagian Plugin tersebut silahkan anda dapat merename dengan Plugin.deactivate

Dan silahkan anda coba akses website anda kembali, apakah situs anda telah berjalan normal? Jika iya, berarti permasalahan internal server error pada wordpress anda itu disebabkan oleh Plugin. anda dapat mengingat-ingat, apakah anda menginstall plugin baru – baru saja?

Baca :  10 Backlink Gratis Berkualitas untuk Tingkatkan Traffic SEO

Namun jika ingin melihat plugin mana yang bermasalah, anda dapat mengaktifkan satu persatu dahulu plugin wordpress anda. caranya: Ke admin dashboard wordpress > Plugins > dan aktifkan satu persatu. Jika anda telah menemukan Plugin yang menyebabkan error tersebut maka jangan segan-segan untuk menghapusnya / deleted.

Jika kedua cara diatas masih saja belum menyelesaikan masalah internal server wordpress 500 anda, maka silahkan ke langkah dan cara yang ketiga yakni dengan menambah Limit Memori.

#3 Menambahkan atau Meningkatkan Batas Memori PHP

Kadang juga Internal Server Error itu juga disebabkan oleh Limit anda yang melebihi batas. dari banyak kasus, penambahan limit ini juga berhasil memecahkan masalah internal server error sehingga cara ini menjadi solusi jitu. bagaimana caranya?

  1. Buat file teks kosong di notepad kemudian beri nama: php.ini
  2. Masukkan Kode berikut ke File tersebut: memori = 64MB
  3. Kemudian Simpan file
  4. dan Unggah ke folder / wp-admin / Anda menggunakan FTP atau login cpanel seperti biasa

Dan silahkan coba akses website anda kembali, apakah elah berjalan dengan normal? jika iya, berarti problem solved. dan anda bisa bernafas lega. hehe..

Cara Mengatasi Internal Server Error 500 wordpress
Cara Mengatasi Internal Server Error 500 wordpress – Image. Google

Nah itu saja tips trik tutorial cara mengatasi Internal Server Error Pada website wordpress anda. semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *