Cara Menggunakan Plugins Easy Table Of Contents WordPress

table of contents

Anda mau buat Daftar Isi di dalam postingan? Silahkan coba Cara Menggunakan Plugins Easy Table Of Contents WordPress ini. Pemakaian yang sangat mudah disertai dengan multifungsi menjadikan plugins ini menjadi pilihan terbaik dari para blogger maupun pemilik blog seperti di Tuana5.com. Tutorial dan panduan berikut ini tentang bagaimana cara seperti: mencari plugins table of contents (TOC), menginstall atau mengaktifkannya, kemudian bagaimana cara menggunakan atau menerapkannya di blog yang anda kelola.

Apa itu Table Of Contents

Anda blogger dan kini bertanya-tanya tentang Apa itu Table Of contents pada blog? jawabannya adalah table of contents atau TOC merupakan Kumpulan daftar isi yang terletak di bagian dalam postingan dan biasanya pada umumnya di atur atau di setting terletak di bagian atas setelah paragraf pertama.

Seperti yang anda lihat di Situs blog tutorial wordpress seperti Tuana5.com ini, anda akan melihat tampilan di bagian atas beberapa Daftar Isi yang tentu disesuaikan dengan isi dari tiap bab yang hendak dibahas. lalu mengenai kegunaan dan manfaatnya sendiri seperti apa?

Kegunaan Daftar Isi di WordPress

Ada banyak manfaat dan Kegunaan Daftar Isi di WordPress ini jika anda gunakan atau anda pakai untuk diterapkan dan diaktifkan di dalam blog website anda. diantaranya.

#1 Memudahkan Pengunjung Bernavigasi

Manfaat pertama adalah pengunjung dapat dengan mudah untuk bernavigasi di laman artikel postingan blog wordpress anda. hal itu dikarenakan banyaknya karakter pengunjung yang berbeda-beda. khusus bagi pengunjung yang selalu suka mencari hanya intinya saja yang dibahas maka bisa dengan mengecek daftar isi tersebut.

#2 Daftar Isi Menjadi Tertarget

Manfaat dan kegunaan berikutnya adalah laman postingan artikel anda akan lebih tertarget lagi dengan menggunakan daftar isi ini. karena daftar isi secara harfiah sama dengan link spesifik dan tertarget dimana menggunakan heading untuk menerapkannya.

#3. SEO Friendly

Bagi pemilik blog tentu faktor Seo friendly adalah faktor penting dan pemakaian daftar isi ini juga memiliki dampak yang tinggi terhadap serp google. mangkanya jika anda sedang berselancar di situs wordpress milik orang lain dimanapun itu berada yang dapat anda temukan melalui search engine seperti google, pasti situs tersebut ada daftar isinya di postingan tersebut. lantas gimana cara membuat table of content tersebut?

table of contents
Table of contents

Cara Membuat Table Of Content di WordPress

Nah bagi anda yang ingin membuat daftar isi dengan mudah dan otomatis ini berikut Tuana5.com akan coba membagikan panduan tutorial Cara Membuat Table Of Content di WordPress blog anda. apa saja yang perlu anda persiapkan untuk menerapkannya? simak dibawah ini.

#1 Cara Membuat Halaman Daftar Isi di WordPress dengan Plugins

Pertama anda dapat menggunakan tips trik Cara Membuat Halaman Daftar Isi di WordPress dengan Plugins. ada banyak sekali plugins table of contents untuk membuat daftar isi secara praktis. namun ada yang Tuana5.com rekomendasikan yakni bernama Plugins Easy Table Of Contents . Plugins ini gratis dan tidak berbayar, ditambah lagi manfaatnya benar-benar terbukti ampuh memudahkan para pembaca bernavigasi di laman postingan serta optimal sekali di serp google.

#2 Cara install Plugins Easy Table Of Contents

Jika anda telah menetapkan pilihan untuk menggunakan plugins tersebut maka anda juga harus paham tentang Cara install Plugins Easy Table Of Contents pada wordpress anda. berikut adalah langkah langkahnya:

  1. Login Admin WordPress Anda. Silahkan anda melakukan Login pada halaman admin wordpress akun anda seperti yang biasa anda lakukan yakni dengan memasukkan : Username dan Password kemudian tekan Login
  2. Pilih Menu Plugins > Add New. Langkah berikutnya adalah silahkan anda ke menu Plugins dan add new
  3. Masukkan Easy Table Of Contents. Langkah selanjutnya adalah silahkan anda masukkan di kolom pencarian dengan cara ketik “Easy Table Of Content”
  4. Tekan Tombol Install. Di bagian daftar plugins tersebut ketika menemukan plugins tersebut maka silahkan anda Tekan Tombol Insall
  5. Tekan Tombol Aktifkan. Terakhir adalah tekan juga tombol aktifkan agar anda dapat menggunakan plugins tersebut.

Setelah anda berhasil Menginstall dan mengaktifkan plugins daftar isi tersebut, langkah berikutnya adalah bagaimana cara mengatur atau setting plugins tersebut.

Cara Setting Table Of Content

Berikut ini adalah tutorial dan panduan Cara Setting Table Of Content dengan mudah agar plugins tersebut bekerja dengan otomatis dan optimal. yang perlu anda lakukan adalah ke menu: Settings > Table Of Contents

Secara umum sebenarnya settings sudah tepat. namun jika anda ingin mengubahnya secara mandiri pun tidak masalah. seperti gambar dibawah ini.

cara setting table of content
cara setting table of content

Anda dapat mengikuti petunjuknya sesuai gambar diatas. untuk menampilkan daftar isi di bagian dalam postingan artikel anda. pada “show when 2” tersebut maksudnya daftar isi akan ditampilkan disaat anda memasukkan heading sebanyak 2 atau lebih.

Anda dapat menyesuaikan plugins tersebut dengan keinginan anda seperti pada “penamaan label”. jika semua telah selesai silahkan tekan “Save changes” untuk menyimpan pengaturan tersebut. lantas cara menggunakannya bagaimana?

Cara Menggunakan Easy Table Of Contents

Cara Menggunakan Easy Table Of Contents Plugins wordpress ini sangat mudah sekali. anda hanya cukup memasukkan tag heading di dalam postingan anda. baik dari heading H2, H3, H4, H5, H6. semuanya bisa secara otomatis membuat daftar isi di postingannya. seperti contoh dibawah ini.

cara menggunakan table of contents
cara menggunakan table of contents

Bagaimana mudah sekali kan Cara Menggunakan Plugins Easy Table Of Contents WordPress ini? Plugins ini adalah Salah satu plugins Table Of contents terbaik di jajaran plugins daftar isi lainnya di wordpress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *